Beranda | Artikel
Pentingnya Memahami Al-Quran dan Mengamalkannya - Mutiara Sahur (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)
Sabtu, 27 Juni 2015

Bersama Pemateri :
Mutiara Sahur

Kajian Mutiara Sahur oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Ringkasan Kajian Mutiara Sahur: Pentingnya Memahami Al-Qur’an dan Mengamalkannya

Allah ‘Azza wa Jalla mengaitkan puasa yang dilakukan oleh kaum muslimin di bulan Ramadhan dengan turunnya Al-Quran Al-Karim. Hal ini menunjukan bahwa hubungan antara Ramadhan dan Al-Quran sangatlah erat. Dan alasan diwajibkannya puasa di bulan Ramadan adalah karena di bulan tersebut diturunkan Al-Quran.

Hal ini sebagaimana yang Allah Ta’ala firmankan:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS Al-Baqarah [2]: 185)

Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk mempelajari dan mentadaburi Al-Quran. Setelah itu kita pun diharuskan mengamalkannya. Allah Ta’ala berfirman:

كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِّيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُوْلُوا الْأَلْبَابِ

Bagaimana penjelasan mengenai tema ini? Silakan download dan simak penjelasan Ustadz Abu Haidar mengenai “Pentingnya Memahami Al-Qur’an dan Mengamalkannya” di dalam rekaman kajian berikut ini. Semoga bermanfaat.

Silakan Download Kajian Mutiara Sahur: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy – Pentingnya Memahami Al-Qur’an dan Mengamalkannya

Mari kita share link download kajian yang bermanfaat ini, ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bermanfaat untuk kita dan saudara-saudara kita yang lain. Jazakumullahu khairan.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/14622-pentingnya-memahami-al-quran-dan-mengamalkannya-mutiara-sahur-ustadz-abu-haidar-as-sundawy/